80 Persen Wartawan Indonesia Belum Profesional?

aksi keprihatinan wartawan (hileud.com)

Judul diatas diambil dari artikel dalam republika online yang saya baca beberapa hari yang lalu. Miris memang  jika melihat judul diatas, tak ayal banyak berita dan informasi yang beredar terkadang bukannya mencerdaskan masyarakat tapi malah membuat kekhawatiran berlebih atau membodohi masyarakat. Saya memang bukan seorang jurnalis maupun pakar dalam jurnalisme, juga tidak punya dendam pribadi terhadap wartawan. Tapi seperti yang kita tahu bagaimana besarnya peran wartawan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Membuat saya mengangkat tema ini dan selalu menjadi berfikir berkali-kali lalu berhati – hati dalam mengambil informasi dari media massa. Yah semoga para jurnalis juga sering-sering introspeksi diri jangan selalu menuntut “kebebasan pers” tapi  laksanakan juga “kewajiban pers” dengan sebaik-baiknya.  Sehingga bisa bergerak bersama rakyat untuk mencerdaskan dan memajukan bangsa. Berikut artikelnya yang dimuat republika online 25 april 2011:

REPUBLIKA.CO.ID, KALIANDA, LAMPUNG SELATAN – Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Margiono menyebutkan sekitar 80 persen wartawan atau pekerja media di Indonesia masih belum profesional dalam menjalankan tugas kewartawanan. “Masih ada wartawan yang tidak memahami kode etik jurnalistik sebagai salah satu pegangan atau tuntunan wartawan dalam menjalankan tugas peliputannya,” katanya saat peringatan Hari Pers Nasional 2011 dan HUT ke-65 PWI, di Kalianda Kabupaten Lampung Selatan, Senin (25/4).

Menurut dia, sebagai wartawan harus profesional dalam setiap melaksanakan peliputan sehingga tidak terjadi permasalahan dengan hukum. “Kalau wartawan suka dan gemar membaca buku, khususnya buku kode etik jurnalistik (KEJ), maka tidak ada lagi wartawan yang tersangkut permasalahan hukum, karena sudah memahami KEJ tersebut,” kata dia.

Ia juga menegaskan, tidak ada wartawan yang kebal hukum sehingga siapapun wartawan yang berani melanggar hukum maka dapat dipidanakan. “Pejabat pemerintah atau apapun apabila ada wartawan yang tidak mematuhi kode etik maka jangan segan-segan untuk melaporkannya kepada pihak yang berwajib,” katanya.

Untuk itulah, ia menambahkan, perlu adanya pemahaman yang matang tentang kode etik jurnalistik sehingga wartawan dapat bertindak profesional dalam menjalankan tugasnya. “Semakin banyaknya wartawan yang memahami kode etik maka akan menciptakan pekerja pers yang profesional,” ujarnya.

Wartawan, sambung Ketua Umum PWI Pusat itu, jangan hanya bisa mengeritik dan mengoreksi kesalahan saja, namun harus dapat melihat serta mengakui keunggulan orang lain sehingga dapat bersinergi dalam menjalankan tugasnya. Untuk itu, ia mengharapkan seluruh ketua-ketua cabang PWI dapat selalu memberikan pemahanan kode etik jurnalistik bagi anggotanya sehingga dapat menciptakan wartawan yang profesional.

Redaktur: Djibril Muhammad
Sumber: Antara

Posted on April 28, 2011, in Brainstorming, Wawasan and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. betul tuh….seharusnya mereka hrs lebih mengetahui profesinya…supaya lbh tahu apa yg akan ditulis dan dampaknya ke depan🙂

  2. ikhwan bikin stasiun televisi sndiri,, masa kita yang ngakunya sebagai ‘kakak’ nya ga bikin siy.. padahal yahud-i udah nguasain tu bbc dkk,
    kita bkin lah.. ‘cihuuy tv’

  3. Kan, sebelum terjun ke lapangan, setiap calon wartawan di-training ya oleh masing2 lembaga mereka? Apa perlu juga pendidikan keprofesian ky apoteker, akuntan, dll ?

    • Agung Pandi Nugroho

      Perlu atau enggak ada pendidikan , sy gak bisa jawab. Karena gak tau gimana sistem pendidikan wartawan yang ada sekarang. Tapi yang pasti harusnya, dapet pendidikan atau enggak minimal profesi apapun harus tau kode etik dan peraturan yang ada pada profesinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: