Inspirasi , Dahsyatnya…Keutamaannya…dan Mudahnya

Inspirasi
oleh A.P.N.isfla

Suatu kisah di siang hari yang terik. Tiba-tiba muncul segerombolan orang yang hendak meminta bantuan kepada Rasulullah. Kondisi mereka sangat mengenaskan , dengan baju compang-camping ,tanpa alas kaki,dan sangat terlihat di raut wajah mereka kelemahan dan kelelahan yang amat sangat. Orang-orang tersebut adalah orang suku Mudhar,salah satu bangsa utama suku Arab.Melihat keadaan mereka tentu saja Rasulullah tersentuh dan segera mengumpulkan para sahabatnya. Lalu Rasulullah pun berkhutbah, ,menyuruh bertaqwa, dan mengutip firman Allah,

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”
(TQS 59:18).

Setelah itu Rasulullah menyuruh para sahabat agar berinfaq untuk orang2 dari suku tersebut.Apa saja, “Dinar, dirham,pakaian, gandum, kurma, bahkan setengah biji kurma sekalipun,” begitu Rasulullah menjelaskan, bahwa mereka dapat meninfaqkan apa yang mereka punya.

Seketika seorang Anshar yang tidak diketahui namanya langsung beranjak pergi. Lalu kembali dengan membawa kantong bantuan yang bahkan kedua tangannya kesulitan untuk membawanya. Melihat hal tersebut, hadirin yang lain kemudian berbndong – bondong mengikuti. Semua berlomba berinfaq, dan menolong orang mudhar yang kesusahan itu. Hingga akhirnya, terkumpul dua gundukan besar bantuan. Ada makanan, ada juga pakaian. Melihat itu Rasulullah sangat gembira. Lantas bersabda, “Barangsiapa yang memulai suatu sunnah yang baik dalam islam, maka baginya pahala dan pahala orang -orang yang mengikuti amal itu setelahnya tanpa menguragi pahala mereka sedikitpun. Dan barangsiapa yang memulai sunnah kejelekan maka dia menanggung dosanya dan dosa orang-orang yang mengikuti setelahnya tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun.”

Islam adalah inspirasi…
Dakwah adalah inspirasi…
Da’i adalah inspirasi…
Kita adalah inspirasi…

Sahabat…
Inilah sebuah kisah yang kalau disebutkan dalam suatu sumber disebut “royalti pahala”. Dan menurut saya sangat erat sekali hubungannya dengan inspirasi.
Dari hadist diatas juga dapat kita lihat bahwa islam sangat amat menghargai inspirasi apalagi inspirai untuk berbuat kebaikan, dan betapa mulianya orang-orang yang memberikan inspirasi untuk melakukan kebaikan bagi orang di sekitarnya.

Sahabat…
Rasulullah, para sahabat,para orang -orang shalih adalah contoh tentang betapa islam mengajarkan kita untuk selalu bersemangat dalam menginpirasi. Dapat kita lihat dan mungkin dapat kita rasakan betapa sering kita mendapa inspirasi dari perkataan mereka, perbuatan mereka,dan kisah-kisah hidup mereka.Bukankan dakwah itu adalah langkah kita untuk mengispirasi objek dakwah kita untuk bersama-sama melangkah ke surga,bersama- sama menjadi penghuni surga yang kekal, bersama-sama meraih cinta Allah swt dan bersama-sama merasakan nikmatnya  bertemu dengan Allah lalu rasul2nya.

Sahabat…
Salah satu syarat untuk menjadi inspirasi adalah kita harus menjadi orang yg pertama.
yap..jadi yang pertama, dan kita tau syaratnya dan tau keutamaannya. Oleh karena itu islam dengan sangat indahnya mengajarkan kita untuk berlomba2 dalam kebaikan, kan?? Mungkin hal itu yang masi kurang ada pada diri kita , sehingga umat islam masih belum menjadi umat yang terdepan. Btul??
coba deh…pernah g kita menyesal dan iri karena seseorang teman suka memberikan sedekah rutin tiap harinya, iri dengan teman kita yang setiap waktu-waktunya tiap hembusan nafasnya seolah -olah diisi oleh amal2 kebaikan…pernah g kita iri dengan teman yang hapalannya sudah berjuz-juz.. .sedangkan kita…(smpe g tega nyebutnya),dan iri – iri yang lain yang ditujukan kepada kebaikan/amal2 seseorang.
Seperti iri nya dan keinginan umar bin khatab untuk menyaingi amal2 sahabat abu bakar as-shidiq.
Klo sudah, silahkan lanjutkan dan tingkatkan, dan klo blum yuk kita lakukan mulai sekarang.

Sahabat…
Inspirasi sering disebabkan oleh hal-hal kecil yang seringkali kita remehkan dan kita tidak sadari. Bahkan dalam cerita diatas lelaki tersebut tidak dikenal namanya tetapi peran yang dilakukannya sangat mulia sekali, dan menjadi asbabul wurud (mula-mula penyebab) keluarnya hadist tersebut. Wuih manteb ga tuh (klo kata si mbah: manteb tho…enak tho…hahahaha. ..-_-‘). Knapa manteb…klo dilihat dari konsep “royalti pahala” tindakan sederhana org tersebut, telah menginspirasi untuk keluarnya hadist diatas, jadi…klo ada org yg terinspirasi hadist diatas…gak akan salah alamat deh royaltinya,walaupun nama org tsb g diketahui.

Sahabat…
Hidup dengan semangat inspirasi akan menjadikan hidup lebih indah, dan dalam kehidupan sehari2 pun kita dapat mengispirasi org walaupun dengan hal yang sepele.
Contoh kecil inspirasi dalam kebaikan : pernah kuliah kan?pasti terkadang kita tidak mengerti akan suatu hal, dan malu untuk bertanya…ternyata lewat suatu survey pribadi, temen2 kita pun kebanyakan begitu..nah kesempatan kita tuh buat menginspirasi temen2 kita untuk berani bertanya dan untuk tahu tentang suatu ilmu (based on true story lho),dengan cara bertanya begitu kita tidak mengerti ,dan contoh2 mulai dari yang sederhana hingga kompleks lainnya.
Gampang kan.

So…Inspirasi apa yg akan kita berikan kepada dunia hari ini???

waallahu a’lam

sumber:
Al-Qur’an yang penuh inspirasi.
Hadist dan sunnah Rasuullah.
Ayat2 qauniyah di sekitar kita.
Majalah Tarbawi edisi…(lupa) .

Posted on October 10, 2009, in Indahnya Islam. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: