Tips penentram jiwa

Asalamu’alaikum wr.wb.

Sahabat.

Hampir setiap kita pernah merasakan kegelisahan maupun kegundahan hati. Kalau ingin relaksasi tubuh/fisik mungkin dengan mudahnya dapat kita temukan banyak tempat relaksasi ataupun metode – metode baik modern maupun alternatif yang sudah berkembang di sekitar kita.Tetapi pernahkan terpikirkan kemana sebaiknya kita pergi dan bagaimana caranya jika kita ingin “relaksasi” hati atau mencari ketentraman hati yang sejati bukan ketentraman hati yang sesaat dan semu

Ternyata resepnya ada di : “…..ingatlah , hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tentram” (TQS:Ar’rad:28)

Yup, btapa mudah sebenarnya. Dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, gratis pula. “Hanya” dengan mengingat Allah (dzikrullah) kita dapatkan ketentraan hati yang tidak dapat dibeli dengan uang.

Betapa kita sering lihat banyak orang – orang kaya yang mendapatkan ketidak tentraman jiwa dikarenakan hartanya yang melimpah. Tidak tentram meninggalkan mobil BMW nya di parkiran mall, tidak tentram meninggalkan rumahnya yang isinya  penuh perhiasan,perabot,barang elektronik,dll ynag totalnya miliyaran bahkan triliyunan.

Betapa sering juga kita lihat banyak orang dengan jabatan tinggi tidak tentram hatinya karena takut kehilangan jabatan yang “dimilikinya”.

Tak jarang juga kita lihat orang – orang yang hidup sederhana bahkan kekurangan tetapi hidupnya sangat bahagia.

Tapi kenapa seharusnya dengan mudahnya kita dapat mendapatkan ketentraman hati itu tetapi pada praktiknya sulit dilakukan?

“Syaitan telah menguasai mereka lalu menjadikan mereka lupa mengingat Allah; mereka itulah golongan syaitan. Ketahuilah, bahwa sesungguhnya golongan syaitan itulah golongan yang merugi.”(TQS 58:19)

Yep,setan tak henti -hentinya berusaha untuk mengajak kita untuk tidak mengingat Allah, agar kita dapat menjadi golongannya. Sudah jadi kewajiban kita juga untuk selalu meminta perlindungan Allah agar kita tak tergoda oleh syaitan.

Oleh karena itu sahabat, bahwa hanya dengan mengingat Allah pagi,siang, sore, malam, dikampus, di sekolah, dikantor, dirumah, pada saat bangun, saat aka tidur, saat makan, saat belajar, saat bekerja, dan dibanyak kondisi lainnya hati kita akan mendapatkan ketentraman yang sejati.

Wallahu A’lam

Posted on March 16, 2009, in Indahnya Islam. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. hati yang tenang ketika mengingat ALLAH… namun ketika balik ke realita hidup… hati dapat dengan mudah terasuki nafsu setan… rasa amarah, iri, ketidakpuasan…. Inggin sekali selalu dapat mengingat MU ya Rob…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: